Kepulauan SPERMONDE – Pintu Gerbang Terumbu Karang Sulawesi

pulau Kodingareng Keke.

Kepulauan Spermonde atau yang dikenal sebagai pulau-pulau Sangkarang, terdiri dari ± 121 pulau, tersebar dari Takalar di selatan hingga Mamuju di utara Sulawesi. Berada di Selat Makassar dan memiliki terumbu karang yang mudah diakses dari kota Makassar. Beberapa terumbu karang di batas terluar Spermonde disebut “Spermonde Barrier Reefs”.

Kepulauan  Spermonde dibagi menjadi empat zona dengan menarik garis dari utara ke arah selatan.

Zona pertama atau zona yang paling dangkal, sejajar dengan garis pantai dengan kedalaman maksimum ± 20 meter dan sebagian besar didominasi oleh gundukan pasir.

Zona kedua dimulai dari ± 5 km dari garis pantai dengan kedalaman ± 30 meter dan terumbu karang yang sebagian besar terletak di sisi pulau (fringing reefs).

Zona ketiga mulai dari 12,5 km di lepas pantai-dengan kedalaman ± 30-50 m dan terumbu karang di daerah dengan sedikit gundukan pasir.

Zona keempat atau zona terluar atau zona terumbu karang penghalang (barrier reefs) dimulai dari jarak sekitar 30 km dari pantai Makassar. Bagian timur mencapai kedalaman 40-50 m, sedangkan bagian barat zona ini memiliki kontur curam/​​drop off dengan kedalaman lebih dari 100 m.

pulau Kapoposang.

Spermonde beriklim tropis. Suhu rata-rata bulanan adalah 28 ° C, dan suhu minimum – maksimum rata-rata harian adalah 22 ° C – 30 ° C. Musim hujan dari Desember sampai Maret dan musim kemarau dari Mei hingga Oktober.

Jarak dari Makassar ke kepulauan Spermonde tergantung pada titik penyelaman yang akan diselami.

Kepulauan Spermonde memiliki beberapa titik penyelaman : “Mercusuar”, “Samalona West” (pulau Samalona, ​​7 km), “DPL point”, “Jetty/House Reef”, “Foliose point”, “Baby Coral” (pulau Badi ‘, 22 km), “Eliana point” (pulau Barrangcaddi, 11 km), “Nudieville” (Gusung Tallang/ pulau Gusung, 1,6 km), “Kampung Anemone” (pulau Kodingareng Keke, 12 km), gusung Bonebatang (12,5 km) , & titik selam yang terbaik di Spermonde adalah Taman Laut Kapoposang di pulau Kapoposang (70 km), dengan jarak sekitar 2 jam dari Makassar dengan menggunakan speedboat.

Waktu terbaik untuk menyelam di Spermonde adalah dari April sampai Oktober.

Kepulauan Spermonde, Sulawesi Selatan - Indonesia.

This article has 4 comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *