Muck Diving & Pulau Gusung Makassar

Lion on wheel - Sumarjito

Istilah muck diving diambil atau berasal dari sedimen yang berada di dasar laut: biasanya  berhubungan dengan lingkungan penyelaman yang “kotor” dan berlumpur. Selain dasar dengan sedimen lumpur, pada daerah muck diving dapat terdiri dari karang mati, peralatan bekas pakai, ban-ban bekas dan sampah buatan manusia. Selain itu, visibilitas biasanya berada dibawah standar bila dibandingkan dengan reef diving.

“Muck/kotoran” itu sendiri yang membuat daerah muck diving begitu berbeda dan menarik.  Karena sedimen/ lumpur/ sampah adalah habitat yang sempurna untuk berbagai macam biota eksotis dan unik. Dimana mereka membuat sarang/ tempat tinggal di sedimen lumpur dan “sampah” yang membentuk lingkungan itu (muck environment). Beberapa biota laut unik dapat kita temui, seperti nudibranch berwarna-warni, anglerfish, shrimp, blue-ring octopus, dan pygmy seahorse.

Aktifitas muck diving ini banyak diminati oleh para penggemar fotografi makro bawah laut. Air tenang dan dangkal memberikan kesempatan luar biasa untuk memotret makhluk yang bersembunyi di antara sedimen lumpur dan sampah.

Tempat yang paling populer untuk kegiatan muck diving adalah selat Lembeh di Sulawesi Utara karena banyak biota menakjubkan yang akan kita temukan selama menyelam. Sedangkan untuk daerah Makassar, kegiatan muck diving dapat dilakukan di pulau Gusung yang hanya berjarak 1,6 km dari Makassar.

Coral cover pulau Gusung sekitar 30-40% di kedalaman 1-2 meter, dengan komposisi dasar pasir putih dan ditumbuhi rumput laut. Saat awal meyelam kita dapat menikmati banyak ikan karang yang lalu lalang. Pada kedalaman 3-15 meter komposisi dasar agak berbeda, yaitu pasir putih bercampur endapan lumpur dan banyak terdapat ban bekas. Jarak pandang sekitar 3-5 meter. Di site ini kita akan menjumpai berbagai spesies nudibranch & flatworm dengan ukuran jempol orang dewasa sampai yang lebih kecil dari kuku jari kelingking. Karena Itulah kami akhirnya menamakan site ini, “Nudieville”. Fotografer bawah laut Ria Qorina Lubis sudah pernah menjajal dive site ini pada bulan Februari 2012 lalu.

Beberapa foto nudibranch pulau Gusung, Makassar :

Chromodoris sp - Binbin Mariana

Hoplodoris sp - Andreas Susanto

Discodoris sp - Irma Savitri

Glossodoris sp - Eliana Muis

Jorunna sp - Sumarjito

Sub-Aquatic Community Makassar, “we are not the expert.. but we do share”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *