Nemo, Si Ikan Lucu Yang Berdiam di Anemone

Ikan Nemo mempunyai warna yang cerah dengan pola dan corak yang menarik, ukuran tubuhnya kecil layaknya ikan Damsel fish sebangsanya. Sesekali mereka akan menghapiri kita, seolah-olah mengajak bermain bersama. Mereka mempunyai perilaku yang pemalu namun mengemaskan. Pada umumnya mereka hidup berkelompok dan sangat menggantungkan hidupnya dengan biota laut lainnya.

 

10268432_10202009705900305_6696269957718602193_n

Ikan Nemo & diver

Dikalangan pencinta ikan hias, Ikan ini menjadi target buruan untuk dijadikan penghuni akuarium. Bagi para penyelam yang hobi fotografi bawah laut, Nemo merupakan salah satu biota faforit yang selalu masuk dalam bidikan lensa kamera mereka.

Ikan Nemo merupakan biota laut yang paling populer di kalangan masyarakat. Ikan ini pernah dikisahkan dalam film animasi yang berjudul “Finding Nemo” yang dirilis di tahun 2003 dan sampai sekarang masih sering diputar dibeberapa stasiun TV Nasional. Nemo masuk dalam kategori ikan hias yang bernilai ekonomis. Ikan ini sudah diperdagangkan, bahkan diekspor sampai ke luar negeri. Akibat permintaan pasar yang tinggi di beberapa wilayah di Indonesia, beberapa spesies dari ikan ini mulai terancam keberadaanya akibat eksploitasi yang berlebihan. Saat ini, ikan yang hanya beraktifitas di siang hari ini sangat mudah dijumpai tanpa harus susah payah melihatnya langsung di habitat aslinya di laut. Di rumah, di perkantoran dan bahkan fasilatas umum seperti bandar udara yang mempunyai akuarium laut, dapat melihat ikan ini terkurung bersama biota laut lainnya.

Ikan Nemo mempunyai beberapa penamaan populer. Pencinta ikan hias menyebutnya Ikan Badut atau Ikan Giru. Para penyelam menyebutkan Ikan Nemo karena ikan ini hidup bersimbiosis dengan rumahnya yakni Anemon. Dikalangan Peneliti ikan ini lebih dikenal dengan sebutan Clownfish atau Ikan Amphiprion.

11111

Jenis-jenis Ikan Nemo yang dapat  dijumpai di perairan Indonesia

Menurut Gerry Allen, Salah seorang peneliti di bidang kelautan menyebutkan bahwa Ikan Nemo mempunyai dua puluh sembilan jenis yang penyebarannya sangat terbatas. Hanya dapat dijumpai di kawasan Indo Pasifik. Kuiter dan Tonukoza dalam bukunya Indonesia Reef Fishes menyebutkan bahwa jenis ikan ini hanya terdapat dua belas jenis yang tersebar di seluruh perairan Indonesia.

Dalam Klasifikasi taksonomi, Ikan Nemo merupakan keluarga dari ikan-ikan Damselfish atau ikan Batok. Terdiri dari dua marga yakni Amphiprion dan Premnas. Pembeda dari kedua marga ini yang peling mencolok secara kasat mata adalah terdapatnya dua buah duri memanjang di bawah mata ikan premnas sedangkan Amphiprion tidak mempunyai duri. Selain itu, Premnas ukuran tubuhnya relatif lebih besar dibandingkan dari jenis ikan Amphiprion. Dari dua puluh sembilan jenis Ikan Nemo yang terindetifikasi, dua puluh delapan adalah spesies dari Amphiprion dan hanya satu spesies dari Premnas .

10469704_10202381194547289_6542820138778334311_n

Ikan Nemo dan hostnya Anemon

Di alam bawah laut, Ikan Nemo  menghuni dasar laut di area terumbu karang dan substrat pasir di kisaran kedalaman satu sampai tiga puluh meter. Ikan ini dapat dijumpai hidup di celah-celah tentakel Anemon yang menjadi rumahnya. Ikan Nemo melakukan simbiosis mutualisme yang sama-sama saling menguntungkan dengan Anemon. Dapat dikatakan bahwa Ikan Nemo tidak dapat hidup tanpa Anemon dan begitupun sebaliknya. Keuntungan dari simbiosis ini adalah Ikan Nemo dapat terhindar dari pemangsaan dari predatornya dan mendapatkan sumber makanan dari Anemon. Sedangkan Anemon diuntungkan dengan pergerakan Nemo yang terus menerus di sela-sela tentakelnya, menyebabkan kotoran dan endapan pasir teraduk sehingga Anemon terhindar dari iritasi. Selain itu, membantu Anemon dalam proses fotosintesis.

Ikan Nemo menghabiskan sebagian besar hidupnya di celah-celah tentakel Anemon dan di sekitaran Anemon. Wilayah tersebut merupakan daerah teritorialnya dan mereka akan mempertahankan dari predator dan hewan penggangu lainnya. Jika Anemon berpindah tempat maka mereka juga ikut berpindah tempat.

Ikan Nemo berkembang biak dengan cara bertelur. Telur-telur ikan ini disimpan di bawah tentakel Anemon atau di substrat di mana Anemon melekat. Sekali bertelur dapat mencapai tiga ratus sampai tujuh ratus butir telur. Selama proses bertelur, ikan jantan bertugas penuh untuk memelihara dan menjaga sarang dan telur. Sementara induk betina berkelana untuk mencari makan dan hanya sesekali saja menyinggahi sarangnya.

Ikan Nemo dalam kondisi tertentu mengalami perubahan kelamin. Umumnya ikan ini hidup berpasangan dengan satu jantan dan satu betina. Namun jika sang jantan mati maka satu ekor dari betina dewasa akan berubah kelamin menjadi jantan dewasa baru. Begitupun sebaliknya.

Tentang Anemon

ddddddddd

Beberapa Jenis Anemon yang dapat didiami oleh Ikan Anemon

Anemon  adalah hewan laut dan dalam klasifikasi taksonomi termasuk bagian dari kelas Anthozoa bersama dengan Karang.  Merupakan hewan invertebrata yang tidak memiliki tulang belakang di seluruh bagian tubuhnya.  Anemon dapat dijumpa hidup di celah-celah karang dan substrat berpasir. Lebih dari seribu spesies Anemon yang tersebar di seluruh perairan laut di dunia. Dari sekian banyak spesies tersebut, tidak semua menjadi habitat bagi Ikan Nemo.

Anemon mempunyai racun yang disematkan di tentakelnya yang menjadi senjata dari predatornya. Kadar racun masing-masing Anemon berbeda-beda, tergantung jenis Anemonnya sehingga Clownfish tidak dapat hidup di semua jenis Anemon. Salah satu dari jenis ikan ini yakni Amphiprion Clarkii merupakan spesies yang paling banyak dijumpai hidup di beberapa jenis Anemon. Hal ini disebabkan karena jenis ikan ini dapat menghasilkan lendir sendiri yang membungkus tubuhnya sehingga dapat melindunginnya dari sengatan Anemon. Untuk merasakan kadar racun Anemon, kita dapat mencoba menyentuh tentakelnya dengan lapisan kulit bagian luar. Kulit akan terasa seperti tersengat dan melengket di tentakel Anemon. Bahkan ada beberapa jenis Anemon seperti heteractis aurora mempunyai kadar racun yang tinggi, sehingga jika tersengat lapisan kulit bagian luar maka kulit akan melepuh seperti terbakar.

efdsfdf

Biota lain yang hidup berasosiasi dengan Anemon

Tidak hanya Ikan Nemo yang hidup berasosiasi dengan Anemon. Ada beberapa jenis makhluk lainnya yang bersimbiosis dengan Anemon seperti Ikan-ikan batok dari jenis Dasylus, Kepiting dan Udang. Terkadang kita dapat menumukan makhluk-makhluk laut tersebut hidup berdampingan dalam satu jenis Anemon dan mereka tidak merasa terganggu satu sama lainnya. (-Jitho)

This article has 7 comments

  1. People organize for get-togethers using old friends from colleges and schools.
    It also ensures that if you wish to see that perfect date you will need
    to make certain that the very first impression you are making is
    an excellent one and definately will get him to
    want to learn more. You will never miss the change meeting and dating Polish singles
    of your choice and our free Polish dating site assures that you will get one
    of the most top dating experience ever.

    Reply
  2. Howdy I am so thrilled I found your weblog, I really found
    you by mistake, while I was browsing on Askjeeve for something else, Anyhow
    I am here now and would just like to say thank you for a remarkable post and a all round entertaining
    blog (I also love the theme/design), I don’t have time to look
    over it all at the minute but I have bookmarked
    it and also added your RSS feeds, so when I have time I will be back to read more, Please do keep up the
    fantastic jo.

    Reply
  3. 普通に着火させて使う普通のタバコと違って、燃焼により生成されるホルムアルデヒドやタールなど、CO、その他の化合物といった人間にとって毒となる成分が少なく(約9割少ないといわれています)、一般的に発がん物質の吸入や、中毒になること、歯に着色ことや壁の着色などが相当量低減させることを出来ている。

    Reply
  4. I feel this is among the so much vital information for me.
    And i am satisfied reading your article. But wanna statement on some normal things, The site taste is wonderful, the articles is in point of fact great :
    D. Excellent task, cheers

    Reply

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *